MANUSIA YANG SADAR, MENYULITKAN KERJA SETAN.

Definisi manusia sadar adalah relatif dan mempunyai tingkatan atau level yang berbeda-beda. Secara makro kesadaran manusia kita bagi menjadi 3 yaitu :

a. kesadaran Fisik (sadar seperti saat ini), dimana sebagian jiwa kita meresap melekat di Raga, pada kondisi ini keteguhan iman kita sangat labil/fluktuatif, naik-turun dan setan bekerja leluasa – jarang manusia yang bisa lolos dari godaannya. Sekitar 85 % umat manusia dimuka bumi ini kesadarannya berada di zona ini !.

MANUSIA YANG SADAR, MENYULITKAN KERJA SETAN.

b. Kesadaran Jiwa, kondisi dimana sebagian jiwa yang tidak melekat pada Raga, apabila persepsi kesadarannya pada zona ini maka tidak mudah setan dapat mempengaruhinya, bahkan manusia dapat menghalau setan tersebut. Ada sekitar 13 % manusia di Bumi ini yang berada dalam zona kesadaran jiwa. C. Kesadaran Ruhani/kesadaran spiritual/kesadaran nurani,yang memancar mencerahi jiwa dan Raga, pada posisi ini semua tipu daya setan dapat dicermati dan dilumpuhkan. Ada sekitar 2 % dari jumlah populasi manusia di Bumi yang berada pada zona ini

Kita bebas memilih dalam hidup ini,sesuai dengan peran dan pertanggung jawaban atas segala perbuatan selama hidup di Bumi kepada Tuhan sang Pencipta. Pun dalam konteks menghadapi godaan setan, bila kita membiarkan setan seenaknya masuk dalam diri kita – berarti posisi kesadaran kita ada pada zona a. Yaitu kesadaran fisik; dan bila bertekad pada posisi zona b. Yaitu kesadaran jiwa : setan sulit menggoda kita, dan bila pilih zona c. Yaitu kesadaran Ruhani : kita dapat melumpuhkan setan.  finish )

18 Maret 2013 – Ronggo Alam