KEMAPANAN MENYUBURKAN EGO.

Kemapanan adalah cerminan atas keberhasilan seseorang, tentu diperlukan perjuangan tenaga – pikiran – modal yang tidak sedikit. Pengalaman suksesnya menimbulkan keyakinan atas prinsip dan metoda yang dilakukan, sukses berulang-ulang ini sadar atau tidak sadari ternyata menyuburkan rasa/jiwa Ego nya. Keinginan semakin melonjak, melebarkan monopoli usaha,kekuasaan,politik,dll.

Pada posisi Ego yang kuat,bila mau masuk diranah Spiritual, reaksi energi kejiwaannya bertolak belakang – tidak satu nuansa. Karena syarat mutlak masuk di wilayah spiritual adalah pengguguran Ego !. Bila Ego  Emosi – Logika anda masih ikut campur dalam proses pembelajaran spiritual,maka mudah ditebak, hasilnya Minimalis, karena urusan spiritual wilayahnya adalah Hati.

kemapanan menyuburkan ego

Inti kajian adalah bagaimana Ego dapat terkendali sampai pada tahapan fungsi yang sangat minimal atau Zero, sehingga Kemapanan dapat kita raih dalam pengertian luas yaitu Mapan secara Duniawi dan Bathiniah. Beberapa cara telah sering dilakukan untuk mengendalikan Ego manusia, antara lain :  Puasa ; pemahaman peran hidup sebagai hamba – dan Tuhanlah penentu takdir segala peristiwa; mengambil hikmah atas kejadian musibah/ujian; beberapa teknik meditasi. dll.

14 februari 13 – Ronggo Alam