EGO MENGUKUHKAN KEBODOHAN MANUSIA.

Ego termasuk bagian dari jiwa,berada pada posisi lapisan ke lima. Ego adalah Raja nya kesadaran fisik atau Diri Palsu. Ego mempunyai dua panglima yaitu lapisan jiwa ke 6 amarah,dan lapisan ke7. Keinginan.

Ego merasa benar sendiri,kebenaran relatif, bukan kebenaran yg sejati. Bila Ego mengendalikan secara penuh fungsi amarah dan keiinginan, expresi nya menjadi ‘ nafsu negatif.

Dari aspek spiritual, persepsi Diri palsu/Diri Ego merasa terpisah dengan TUHAN. Kondisi ini yang menyebabkan manusia menjadi tersesat,tidak tau jalan kebenaran. Berkat kasih sayang Tuhan,mengutus Nabi dan Rosul utk menunjukan jalan yang benar. Namun diri Ego cenderung lebih senang menuruti syetan dari pada petunjuk kebenaran. Secara universal,Diri ego bertanggung jawab atas kebodohan ini.

Diri sejati adalah jiwa suci yang mampu menyatu dg jati diri yaitu Nurani. Anda harus berupaya keras mengalahkan diri palsu, dan persepsi kesadaranmu ada pada diri sejati. Setidaknya pertahankan pada posisi ini,syukur bisa melanjut pada kesadaran Nurani.

Suara Nurani akan menuntunmu pada jalan Kebenaran,mencerahi seluruh lapisan jiwa dan pikiran.

Maka engkau akan terlepas dari : Kebodohan,kemelekatan duniawi. Dan sebaliknya anda akan selalu merasa tenang-damai-bahagia bersama Tuhan.

3 Januari 2013 – Ronggo Alam

 

 

1 comment for “EGO MENGUKUHKAN KEBODOHAN MANUSIA.

Comments are closed.