1. Hidup Bermakna

Hidup bermakna didefinisikan : selama masa hidup secara sadar kita isi kehidupan ini dengan aktifitas yang mengandung milai-nilai positif atau luhur, mempunyai arti, multi guna-manfaat, bagi sesama umat manusia, bagi sesama mahluk, bagi lingkungan, bagi dunia dan akhirat.

Untuk bisa menjalani hidup bermakna, kita harus menyadari terlebih dahulu :
a.Mengapa kita dilahirkan / hidup di dunia ini?
b.Untuk apa tujuan hidup di dunia ini ?
c.Kemana tujuan kita setelah meninggalkan dunia ini? ( dibahas di dalam kelas )
Sehingga kita memahami harus bagaimana dalam kehidupan sebatas umur di dunia dan persiapan perpindahan kehidupan di alam lain.

Bila persepsi diri kita masih dikuasai diri palsu / Diri Ego, dalam arti lain hati kita tertetutup oleh Jiwa Ego – Jiwa Amarah dan Jiwa Keinginan. Maka pribadi kita akan kuat bersifat individual, nilai tambah yang diperbuat dalam rangka mencapai sukses pribadi. Kita harus mampu melampui sukses pribadi, artinya yang kita perbuat mempunyai nilai tambah bagi sesama manusia – inilah hidup bermakna. Ada sifat Kasih – ada Kepedulian Universal.

Secara anatomi, hati merupakan bagian dari RUH, sebagai wahana subyek RUH. Dalam diri manusia memiliki 3 (tiga) Kualitas, yaitu : a. Cinta b.Kasih d.Sayang. ( lebih detail dibahas dalam kelas ). Sebenarnya hati tidak apernah kotor, juga tidak ada penyakit hati ( salah kaprah ), tetapi yang ada adalah 7 (tujuh) lapis jiwa yang melingkupi Ruhani yang berada di hati itu ada yang kotor menutupi/hija, menyebabkan tidak ada Kasih-Sayang dan kepedulian secara murni.

HIDUP SUKSES – BERMAKNA – KEHIDUPAN

A. Hidup
Segala sesuatu yang mengandung unsur atau potensi untuk bergerak dan mengalami perubahan adalah Hidup. Di dalam diri kita mengandung berbagai unsur/potensi yang tak terhingga jumlahnya, kemudian azas bergerak kita arahkan pada aktifitas dalam mengisi kehidupan dan azas perubahan di fokuskan pada perubahan kesadaran diri.

Kesadaran diri diartikan sebagai posisi pemahaman penafsiran atas identitas diri. Kesadaran seseorang mengalami proses, tidak sama antara satu dengan yang lainnya, tergantung tingkat kecerdasan. Suatu daya yang efektif atau ampuh untuk meningkatkan kecerdasan akan kesadaran diri adalah Energi Spiritual Nusantara ( akan dibahas lebih lanjut di dalam kelas ). Dalam konteks ini, kita bahas hanya dua kesadaran diri yang sangat penting, agar arah dan aktifitas kita dalam mengisi Kehidupan di dunia ini memiliki MultiManfaat.

A1.DIRI PALSU.
Pada posisi Diri Palsu, kesadaran diri dikuasai oleh jiwa Ego – Jiwa Amarah dan Jiwa Keinginan. Sumber informasinya dari panca inderam hakimnya adalah Akal – Fikir/Logika/Masuk Akal.
Segala sesuatu yang tidak masuk akal tidak bisa diterima. Dalam kesadaran dirinya di dalam mengisi kehidupan semua aktifitasnya mengandung pamrih dan efek nilai tambah tertuju kepada dirinya sendiri, puncaknya adalah SUKSES DIRI PRIBADI.

A2.DIRI SEJATI
Pada posisi DIRI SEJATI, kesadaran diri dikuasai oleh JIWA SUCI, sumber informasinya dari HATI NURANI, hakimnya adalah Nurani/Kebenaran/Jati Diri.
Segala sesuatu yang tidak dalam Kebenaran, tidak bisa diterima dalam kesadaran dirinya. Di dalam mengisi kehidupan semua aktifitasnya tanpa pamrih dan efek nilai tambah tertuju kepada sesama umat, mahluk sebagai pengejawantahan TUHAN, puncaknya adalah : BERMAKNA.

B. Kehidupan
Kehidupan adalah wahana yang disediakan Tuhan menurut strata /dimensi yang sesuai dengan mahluk penghuninya menurut hukum alam Tuhan secara sistematis.
Saat ini kita berada di kehidupan alam dunia, yang terikat dengan hukum Alam Tuhan, yang pada saatnya secara sistematis akan pindah ke khidupan alam lain / Alam tanpa jasad / ROH
Posisi kenyamanan kita di Alam roh sangat ditentukan dari perbuatan yang kita lakukan selama di kehidupan Alam Dunia ini. Oleh karena itu mari kita berupaya pada posisi Kesadaran Diri yang sejati, bukan pada diri palsu.

Diri palsu / Diri EGO harus kita lampui, Kesuksesan Pribadi harus kita lampui, persepsi diri kita masuk ke dalam posisi Kesadaran Jiwa Sejati/ DiriSejati melalui proses peningkatan Kecerdasan Kesadaran dengan cara membangkitkan Energi Spiritual Nusantara, sehingga hidup kita menjadi BERMAKNA dunia dan akhirat.

Lembaga Energi Spiritual Nusantar akan membimbing dan menghantar saudara sampai pada persepsi Kesadaran Diri Sejati, sehingga dalam mengisi sisa kehidupan ini penuh bermakna

1 comment for “1. Hidup Bermakna

Comments are closed.